Kelelahan pada Mata, Kenali Gejalanya

Kelelahan mata, juga dikenal sebagai astenopia, adalah kondisi umum yang dapat terjadi akibat penggunaan berlebihan mata untuk aktivitas visual. Gejala kelelahan mata bisa bervariasi dari ringan hingga berat. Berikut adalah beberapa gejala yang biasanya terkait dengan kelelahan mata:

Mata Lelah: Sensasi berat atau lelah di mata adalah gejala utama kelelahan mata.

Penglihatan Kabur: Penglihatan Menjaga Kesehatan Mata dapat menjadi kabur, terutama saat melihat objek dekat.

Nyeri atau Rasa Sakit: Anda mungkin merasa nyeri, tekanan, atau rasa sakit di sekitar mata, dahi, atau pelipis.

Penglihatan Ganda: Anda mungkinĀ  Klinik Gangguan Mata mengalami penglihatan ganda atau kesulitan fokus.

Kepala Pusing: Kelelahan mata dapat menyebabkan sakit kepala, terutama jika berhubungan dengan penggunaan komputer atau layar digital.

Sensasi Terbakar atau Gatal: Mata dapat terapi ortho k terasa terbakar atau gatal.

Kemerahan atau Mata Mengair: Mata Anda mungkin menjadi kemerahan atau terasa seperti berair.

Sulit untuk Membaca: Kesulitan dalam membaca atau melihat huruf kecil adalah gejala yang umum.

Sulit untuk Berkonsentrasi: Anda mungkin merasa sulit untuk berkonsentrasi pada tugas yang memerlukan penggunaan mata yang intensif.

Sensasi Pasir di Mata: Mata Anda mungkin merasa seperti ada pasir di dalamnya.

Sulit untuk Melihat dalam Cahaya Rendah: Kelelahan mata dapat membuat sulit untuk melihat dengan jeta atau dalam kondisi pencahayaan yang redup.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan kelelahan mata meliputi penggunaan komputer atau perangkat digital dalam waktu yang lama, membaca dalam cahaya yang kurang baik, kelelahan, kurang tidur, penggunaan lensa kontak yang berlebihan, dan kekurangan fokus visual.

Untuk mengurangi gejala kelelahan mata, pertimbangkan untuk melakukan istirahat reguler, menjauhi layar komputer atau perangkat digital selama beberapa menit setiap jam, menghindari lingkungan ber-AC yang kering, menjaga pencahayaan yang baik, dan menggunakan tetes mata buatan. Jika gejala kelelahan mata berlanjut atau parah, segera konsultasikan dengan dokter mata untuk evaluasi dan perawatan lebih lanjut. Juga, pastikan Anda menjaga kesehatan mata Anda dengan pemeriksaan mata rutin.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *